Minggu, 25 November 2012

Resep Masakanku : Steak Daging Sapi (Lengkap)


 Steak daging sapi bikinan gue, lumayan buat pemula kayak gue
 
            Hai..hai.. ketemu lagi nih sama gue, si admin cantik #ya ampun kepedean tingkat dewa. Kali ini gue mau nge-share resep masakan yang baru beberapa waktu lalu pernah gue buat. Ceritanya itu, emak gue kan tahun ini ikut kurban #alhamdulilah ya #ikut-ikutan Syahroni. Jadi, di rumah gue dapat banyak banget daging sapi. Kalo untuk menu kayak tongseng, sate atau sosis yang isinya daging sapi kadang gue udah bosen. Soalnya di masjid deket rumah gue kalo pengajian menunya juga kayak gitu-gitu aja.
            Alhasil #ceilah, gue punya ide bikin steak daging sapi. Emang bagi kalian semua yang hobinya masak, udah kagak asing lagi kalo buat masakan dengan bahan utama daging sapi ini. Tapi berhubung gue ‘ new comer ’ di dunia perkulineran, gue coba-coba gitu aja nge-tes kemampuan memasak gue yang baru muncul sekitar 3 bulan terakhir #oh my gosh #sejak kecil gue emang enggak pernah sama sekali yang namanya ‘ memasak ’#kasihan banget ntar yang jadi suami gue.
            Nggak perlu tanya sana-sini, tanya sama emak gue atau bahkan tetangga gue. Gue tinggal googling aja di internet. Akhirnya, gue dapat nih resep bikin steak yang bahannya lebih mudah dicari dan gampang membuatnya #maklum kalo musti beli di pasar gue ogah banget. Kalo makan steak gue emang udah pernah beberapa kali, tapi kalo membuatnya emang baru sekali ini #pinter ngeles.
            Ini resep yang gue dapat setelah googling. Karena gue suka pedas dan asin, jadi gue modifikasi sendiri sesuai selera lidah gue #ceilaah . Well, kakak sama emak gue bilang hasil uji coba gue rasanya cukup enak buat chef pemula kayak gue #mimpinya ketinggian banget.

Berikut resepnya

Bahan bahan:
250 gr daging sapi has dalam
1 sdm minyak goreng (untuk menumis, bisa pake margarin biar lebih gurih)

Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
¼ sdt merica butiran
¼ sdt biji pala
½ sdm garam
2 sdm kecap manis (gue pake yang pedas, jadi ada biji cabe di dalamnya)

Bahan membuat setup sayuran:
½ sdm margarin
½ siung bawang bombay, dicincang halus
½ siung bawang putih, dicincang halus
2 sdm biji jagung manis
2 sdm kacang polong beku
½ buah wortel, dipotong dadu 1cm
½ sdt garam
¼ sdt penyedap rasa
Mayonaise

Bahan pelengkap:
1 buah kentang
½ sdt garam
½ sdt penyedap rasa
Sambal botolan

Cara membuat:
Daging sapi dimemarkan dengan cara dipukul-pukul, lumuri daging dengan bumbu yang tadi telah dihaluskan.
Simpan di dalam kulkas semalaman.
Siapkan minyak goreng atau margarin untuk menumis, masukkan daging yang telah dibumbui tadi dan tumis hingga berwarna kecoklatan.
Untuk setup sayuran, tumis bawang bombay dan bawang putih, masukkan sayuran, lalu aduk sebentar. Tambahkan garam dan bumbu penyedap rasa sesuai selera. Sajikan setup sayuran dengan mayonaise.
Untuk kentang goreng, kupas kentang, cuci bersih, lalu iris memanjang dengan ukuran 5x1x1 cm. Tambahkan garam dan penyedap rasa. Goreng kentang hingga matang. Sajikan bersama sambal botolan.
The last, sajikan steak daging sapi dengan setup sayuran dan kentang goreng. Yihaaaa...!!!!

Resep ini adalah hasil modifikasi gue. Jika kalian mungkin lebih suka manis atau enggak suka pedes bisa dimodifikasi sesuai selera kalian sendiri. Selamat mencoba ya, guys!!

it;s me^^,

^^Nyam,,, nyam,,, nyaaaam,,, patut dicoba nih!!^^
Semoga berguna ya. Thank you, Kamsahamnida...

2 komentar:

  1. Sssstt. Non eh bu..harus dibuktikan tuh syukur pas shift siang whu he he he (ngarep.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaahaa,, makasih sudah komen. kalo masak takut nggak enak

      Hapus