Selasa, 13 November 2012

Sekilas ajah: Profil Puskesmas Gajahan Surakarta


Hmmm, tangan gue udah mulai gatel nih pengen ngetik lagi. Tapi kali ini gue mau ngetik masalah yang agak serius sedikit lah #lagaknya.  Jadi, enggak asal nulis gituw aja kayak misalnya pas gue lagi galau #ampuun deh. Ceritanya gini, setelah gue pikir-pikir gue kan udah setahun atau mungkin lebih sedikit ya gue kerja di tempat kerja gue. Ya,dimana lagi kalo enggak di Puskesmas Rawat Inap Gajahan Surakarta yang katanya sudah memiliki standar Poned #maksa banget sih #emang beneran udah kok. :)


Ini adalah foto Puskesmas Gajahan Surakarta yang tampak dari depan.


            Beberapa hari yang lalu nih, gue sempat googling gituw deh di internet tentang puskesmas gue. Yah, iseng-iseng gitu aja. Soalnya ya, sebelum Almarhumah Ibu Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih wafat, beliau sempat kunjungan gituw ke Puskesmas Gajahan ini, yah mungkin buat lihat-lihat gimana sih pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Surakarta itu #ceilaaah keselek biji kedondong.

Waktu itu beliau didampingi sama Bapak Walikota Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu masih menjabat jadi Walikota Surakarta dan Ibu Kepala Dinkes Kota  Surakarta yaitu Ibu Siti Wahyuningsih. Untung aja waktu itu gue pas shift pagi, jadi gue bisa ngikut foto-foto gituw sama beliau-beliau itu. #gila, narsisnya kumat stadium lanjut.


Momen waktu foto bersama Ibu Menkes di halaman Puskesmas Gajahan Surakarta
(gue ada di tengah tepatnya di belakang Ibu Menkes)


            Herannya sih waktu gue googling gituw, nggak banyak yang bahas soal Puskesmas ini. Cuma agak heboh aja waktu ada kasus penemuan seorang bayi laki-laki terbungkus sajadah di depan rumahnya seorang warga Joyosuran beberapa waktu yang lalu, bayi tersebut kemudian dititipin di Puskesmas Gajahan karena wilayahnya masih jadi binaan puskesmas ini. Jadi ya gitu deh, langsung masuk Solopos dot com. Tadinya gue emang cuma iseng buka internet aja, soalnya kebetulan waktu itu gue kan lagi libur. Nggak taunya puskesmas gue langsung jadi trending topic #ah, maksa banget nih. Hehee,,,


 Narsis-narsisan sama bayi temuan itu. Kira-kira sekarang kabarnya gimana ya?? Hmm... jadi kangen kamu nak :'(

            Dalam rangka HKN alias Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November kemarin, tiba-tiba muncul ide gila ini #gila?? Ampuun deh . Langsung ajah, gue mau mendeskripsikan secara singkat tentang puskesmas gue yang emang katanya sering jadi icon gituw di Kota Surakarta #maap, yang lainnya jangan ngiri ya. Sebenarnya bukan karena apa-apa sih, masalahnya itu pasiennya emang bejibun banget. Kadang sehari aja bisa sampai 200 pasien untuk pelayanan rawat jalan #wadhuuh. Terus, untuk pasien rawat inap yang kasus persalinan bisa mencapai sekitar 40 pasien dalam sebulan #apa karena ada jampersal yaak??

            Singkatnya, di Kota Surakarta itu kan ada 17 Puskesmas yang mana diantara semuanya itu ada 4 Puskesmas yang memang dijadikan Puskesmas Rawat Inap. Puskesmas itu adalah Puskesmas Pajang, Puskesmas Sibela, Puskesmas Banyuanyar dan Puskesmas Gajahan. Puskesmas Gajahan sendiri beralamat di Jl. Veteran No. 46 Surakarta. Silahkan yang mau berkunjung. Hehehee... J

            Kalo untuk pelayanan sih sebenarnya enggak jauh beda ya sama puskesmas lain, diantaranya sebagai berikut:
o   Pengobatan Umum
o   Pengobatan Gigi
o   Laboratorium
o   KIA
o   KB
o   Pelayanan Konsultasi
o   Rawat Inap (UGD dan Persalinan)

            Berikut sekilas foto-fotonya yang gue ambil waktu enggak ada pasien. Soalnya biar kelihatan bersih aja #pinter ngeles. Takutnya ntar kalo pas ada pasien dikiranya gue wartawan amatiran #glodaak

UGD


VK (Ruang Bersalin)


 Apotik


BP Umum


KIA

  
Loket


 Ruang tunggu di depan Loket Pendaftaran

            Oya, disebelah Puskesmas Gajahan juga ada juga bangunan yang rencananya akan dijadikan VK (Ruang Bersalin) dan UGD yang baru. Bangunannya cukup besar, bagus, bersih tetapi memang masih belum diresmikan sampai sekarang. Mungkin sebentar lagi ya #berharap banget

Bangunan baru yang rencananya akan dijadikan Ruang Bersalin dan UGD

            Kemudian yang terakhir adalah fasilitas Ambulance Rakyat gratis. Gue sih setuju ajah, tapi gimana ya, gue nyebutnya sih ambulance Suzzanna. Abisnya kalo dilihat-lihat memang agak serem juga kayak di film-film  horror Suzzanna tempo dulu. Ukurannya juga emang little bit jumbo sehingga kalo di jalan raya sering jadi pusat perhatian orang. Selain itu, juga susah kalo mau nyalip kendaraan lain #ambulance kan musti cepet jalannya, apalagi kalo keadaanya gadar. Jadi kesimpulannya, bisa nggak minta yang lebih kecil tapi gesit? #heheee

Fasilitas Ambulance Rakyat Gratis


             Ini memang hanya sekilas saja tentang profil Puskesmas Gajahan Surakarta bukan profil secara keseluruhan. Bila Anda ingin tahu lebih lanjut tentang Puskesmas Gajahan bisa langsung datang kesini untuk sekedar bertanya kepada orang yang sekiranya lebih tau. Anda juga dapat menghubungi ke nomor telepon Puskesmas Gajahan Surakarta (0271) 654077.

            Sekian dulu ya dari gue. Mohon maap bila ada salah kata di artikel yang serba kurang ini. Thank you very much. Kamsahamnida. Muaahhh... muaaahhh... :)



 ^^Numpang narsis yah,,, wikikikikikikk^^

6 komentar:

  1. Balasan
    1. makasiiihh,,, hehee,, ngisi waktu luang aja.. :)

      Hapus
  2. Assalamualaikum...
    Thank's mbak Buat blog nya ngbantu banget...
    Saya anak semester akhir mau Penelitian di puskes gajahan... kira2 ribet ga yah mbak prosedurnya???
    Please Reply...

    BalasHapus
  3. Eh bu tuh ambulan kgk serem loh tp suuerem...weh he he..kgk percaya kpn2 nek pas shift malam tepat jam 00.00(gak boleh kurang or lebih) liat kluar bentar dah..whiii buka pintu blakang pasti dah ketemu drag bar...he he he...kacaoo dah ...o.k sip met ngeblok aja salam buat ibu bidan,perawat,pak satpam ,driver cmua dah....tetep cmungut caaaoo....

    BalasHapus
  4. Ciyee mba Reni :p Aku butuh info daerah binaan nya Gajahan nihh mba, kemaren siang kesana tapi lupa nanya, kasihh tau dongss mbaa ...
    terimakasihhh :*

    BalasHapus